in

Waspada Modus Baru Pinjol Abal-abal: Tiba-tiba Ditransfer dan Ditagih dalam Jumlah Besar, Begini Cara Melaporkannya

JAKARTA –  PINJOL atau Pinjaman online abal-abal kembali meresahkan masyarakat!

Baru-baru ini ada sebuah unggahan di sosial media yang menunjukkan modus baru pinjaman online dengan cara transfer langsung sejumlah uang ke rekening korban.

Mengutip Kompas.com, hal itu disampaikan dan dialami oleh pemilik akun IBORNN di Twitter .pada Jumat (2/4/2021).

Setelah itu, pada Selasa (6/4/2021), ia mendapatkan pesan di WhatsApp yang mengatasnamakan salah satu pihak pinjaman online yang berisikan penagihan atas uang yang ditransfer.

Tidak main-main, dari uang Rp 804 ribu yang ditransfer, pihak pinjaman online menagih sebesar 1,2 juta.

Karena tidak merasa melakukan pinjaman online dan diminta membayar uang yang lebih besar, korban pun merasa kebingungan.

Menanggapi hal ini, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing mengungkapkan adanya kemungkinan korban pernah mengakses pinjaman online illegal dengan mengisi data dan nomor rekening.

“Bagaimana mungkin pinjaman online ilegal mengetahui nomor rekening yang bersangkutan kalau tidak pernah dicantumkan dalam aplikasi pinjaman ilegal,” kata Tongam saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/4/2021).

Seperti yang telah diketahui, saat ini banyak sekali aplikasi illegal yang menawarkan pinjaman melalui media sosial.

Rupanya, diakui oleh Robby, pemilik akun IBBORN yang dihubungi Kompas.com bahwa dirinya memang pernah mengakses pinjaman dari applikasi pinjaman online yang terdapat di PlayStore.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi